Home

ECTFE, Ethylene-chlorotrifluoroethylene

ECTFE atau E-CTFE (ethylene-chlorotrifluoroethylene) adalah polimer terbaik dari keluarga Fluorthermoplastik untuk aplikasi kimia berat, dengan mempertimbangan sifat kekuatan mekanik pada suhu tinggi - kemudahan untuk di fabrikasi.

Karena ECTFE merupakan polimer murni, sehingga material ini juga banyak diaplikasikan untuk memproses bahan kimia dan air ultra murni untuk kebutuhan industri semikonduktor, photovoltaic, farmasi dan industri petrokimia. ECTFE juga digunakan sebagai insulator listrik (volume resistivity ohm.cm 1016), dan masih banyak aplikasi lainnya seperti IC (Integrated Circuit).

ECTFE memperlihatkan kekuatan tarik tinggi, tahan tekanan, dan tahan aus daripada PTFE. ECTFE juga memiliki ekspansi panas yang lebih rendah dari PTFE. Hal ini menegaskan bahwa ECTFE memiliki stabilitas dimensi yang jauh lebih baik daripada PTFE. Oleh karenanya ECTFE sering diaplikasikan pada permukaan yang memerlukan sifat sliding yang rendah gesekan dan tahan aus, seperti pada bantalan kecepatan rendah, valve seat, cams dan bagian mesin lainnya, dimana PTFE tidak dapat diandalkan.

E-CTFE memiliki ketahanan kimia yang mirip dengan PTFE, namun memiliki sifat mekanik yang jauh lebih baik. Dalam aplikasi-aplikasi kimia yang membutuhkan pertimbangan ketahanan kimia, daya tahan terhadap abrasi, dan kemudahan pemrosesan/ fabrikasi, membuat jangkauan aplikasi ECTFE lebih luas daripada PTFE.

ECTFE memiliki permeasi yang sangat rendah (perembesan terhadap gas gas seperti oksigen, karbon dioksida, klor dan asam hidroklorida adalah 10 sampai 100 kali lebih baik dari PTFE) membuat ECTFE ideal untuk industri pelapisan dan lining, termasuk penyimpanan dan transportasi bahan kimia.

ECTFE seringkali digunakan dalam aplikasi yang hampir sama dengan PVDF di mana suhu atau konsentrasi yang lebih tinggi membuat PVDF tidak dapat lagi diaplikasikan (misal : H2SO4 98 % untuk proses produksi accu battery). ECTFE dikenal karena ketahanan korosi yang lebih tinggi dan kekuatan impak dengan demikian sering digunakan untuk saluran pemipaan, terutama dalam aplikasi kimia industri tertentu, untuk menangani klorin, kaustik, hipoklorit, dan asam sulfat.

Ketika kombinasi ketahanan kimia, suhu, abrasi dan permeasi harus terpenuhi dalam suatu aplikasi tertentu, maka ECTFE seringkali merupakan solusi efektif dari biaya yang rasional untuk menangani tingkat korosi yang parah. Sehingga, ECTFE merupakan satu-satunya pilihan paling handal untuk aplikasi kimia yang membutuhkan persyaratan khusus.

Rentang Aplikasi ECTFE :

ECTFE memperlihatkan sifat kekuatan dan ketahanan kimia yang luar biasa baik pada hampir semua bahan kimia organik dan anorganik (pH 0 – 14, suhu maksimum 140°C); begitupun ketahanan terhadap solvents/ pelarut (suhu maksimum 120°C).

  • Sulphuric acid H2SO4 98%download presentation
  • Hydrochloric acid HCL 37%
  • Hydrofluoric acid HF 90%
  • Sodium hydroxide NaOH 50%
  • Hydrogen peroxide H2O2 60%
  • Nitric acid HNO3 65%
  • Solvents
  • Chorine and chlorine compounds
  • © 2016 PT Sugison Senada. All rights reserved.